masalah yang terjadi di hampir semua cube

Malam ini saya ngambil megaminx lagi, coba main buat nurunin average, dan nurunin peringkat (6nasional single&average, sakit banget) biar masuk 5 besar indonesia..

Tapi mega meffert/mf8/qj saya ga enak banget, (megaminx sengaja ga di lube), setelah berkali kalli tension, dll dll.. Ternyata saya nemuin masalaah..

Beberapa screw (sekrup) megaminx saya ga benar benar tegak lurus..

Dan ngefek banget..

Intinya gini (lihat gambar dibawah yang pertama.. Udah lihat? Balik baca disini lagi, saya ngebog pake bb dan pilihan layout gambar cuma top n bottom.. Stupid me)
sekrup ga tegak lurus, jadi, tension di bagian a sama b beda, ini berpengaruh di semua cube, khususnya cube ber sisi banyak seperti megaminx…

Trus gimana?? Kan dari pabriknya udah gitu? Hemmm.. Maklum pabrik.. mungkin waktu merakit ga bakal merhatiin hal sedetail dan simpel ini, pokoknya mereka pasang sekrup..
Kalo cube DIY kita bisa ngatur sekrup sendiri pas ngerakit..

Saya belum nemuin cara yang bener2 pas. Tapi ada 2 hal yang bisa dilakukan
1. Lepas sekrup, pasang lagi, usahain ga miring, ini susah -_- tapi ya patut dicoba, tapi kemungkinan besar sekrup bakal miring lagi mengikutin jalur yang sebelumnya.. Tapi bisa juga nggak
2. Lepas sekrup, kasih lem super dikit banget di lobang, lalu pasang lagi.. Usahain ga miring, ini murni dari logika saya, belum pernah coba, mungkin bisa? Whatever.. Lupain deh)
3. Paling gampang.. Lube your cube

Mungkin ini sepele, mungkin efeknya cuma ini diputer enak, tapi kok yang sisi ini agak seret, tapi buat saya agak agak mengganggu juga.. Tapi ba- Apa? Posting Gak guna? What the hell men!! Ini blog gue!! Siapa lo siapa gue men?? -__- terserah gue mau nulis apa.. Oke?? Lu pikir gue ga berani nulis macem macem kontroversial.. Nih contohnya.. Heil hitler!!! I love kangenband!!! Jkt48 itu banci semua!!! … … Apa!! Bilangin bapak lo sana gua ga takut!!

..
Huffg.. Maaf ada yang ganggu.. Eniwei.. Ini gambarnya
1. Gambar ilustrasi buat penjelasan di atas
2. Contoh screw yang bener bener tegak lurus (sisi ini enak bgt diputer)
3. Contoh yang gak tegak, perhatiin dia miring ke arah jam 12

Leave a comment